Stay informed on our news or events!

post

BANDUNG,
Sebanyak 570 siswa SD dan SMP dari 25 sekolah se-Bandung Raya mengikuti olimpiade sains, Bahasa Inggris, dan Matematika yang digelar Emerald Education Centre di SD Assalaam, Minggu (10/2/2019). Lomba memperebutkan hadiah cukup besar dengan juara nasional mengunjungi Thailand, Malaysia, dan Singapura.
"Olimpiade ini sebagai alternatif bagi para siswa selain yang diadakan Dinas Pendidikan. Apalagi olimpiade sains, Matematika, dan Bahasa Inggris ini diikuti siswa dari kelas I-VI SD dan kelas VII-VIII SMP," kata ketua panitia olimpiade, Tendi Septiandi.
Dia menambahkan, olimpiade siswa yang diadakan Dinas Pendidikan biasanya untuk siswa kelas V SD dan kelas VIII SMP sehingga terbatas jumlahnya. "Sedangkan olimpiade yang diadakan Emerald dengan tuan rumah SD Assalaam ini terbuka bagi semua siswa SD dan SMP di semua kelas," katanya.
Selain itu, seorang peserta juga bisa mengikuti tiga mata lomba sekaligus baik sains, Bahasa Inggris, maupun Matematika. "Asalkan anak mampu dan siap bisa mengikuti tiga cabang lomba tersebut. Ikut tiga cabang lomba bisa dari pagi sampai sore," katanya.
Sistem penilaian berupa tes tertulis dengan ketentuan jawaban benar mendapatkan empat nilai dan jawaban salah tanpa nilai. "Untuk siswa yang maju ke Jawa Barat bagi peserta yang mendapatkan nilai minimal 73. Untuk olimpiade tingkat Jawa Barat akan dilaksanakan di Kota Cirebon pada 3 Maret, sedangkan olimpiade nasional di Malang, Jawa Timur, pada 30-31 Maret," ujarnya.
Khusus olimpiade nasional, kata Tendi, bagi cabang Bahasa Inggris dilakukan juga dengan wawancara lisan. "Pewawancara native speaker dari luar negeri sehingga diharapkan para peserta benar-benar fasih berbahasa Inggris," ujarnya.
Mengenai hadiah lomba, Tendi menyatakan, cukup besar karena juara nasional peringkat satu sampai tiga bisa ke luar negeri dengan gratis. "Para juara bisa dikirim ke Thailand, Malaysia, maupun Singappura, sedangkan juara umum ke Australia," katanya.

logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo