Stay informed on our news or events!

post

GURU DIPAKSA JADI YOUTUBER

Lima bulan sudah dampak korona virus ini melanda Indonesia dan menghambat kegiatan pendidikan tatap muka di sekolah. Kegiatan sekolah yang seharusnya terlaksana untuk membimbing pembelajaran dan melatih kedisiplinan peserta didik terhambat dikarenakan kita harus bersama-sama menjaga jarak demi menekan penyebaran virus sehingga membuat semua dunia pendidikan merumahkan peserta didiknya dan memaksa belajar dari rumah dengan bimbingan guru jarak jauh.

 

      Kegiatan pembelajaran jarak jauh tidak bisa dilakukan dengan metode pembelajaran biasanya di kelas, situasi ini lah yang memberikan dorongan kepada seluruh guru untuk bisa memberikan metode dan strategi pembelajaran yang menarik untuk digunakan saat ini. Tidak mudah memang membimbing peserta didik belajar dari rumah seakan-akan guru berada di dekatnya. Situasi ini membuat guru SD Assalaam harus kreatif memberikan pelajaran yang efektif sehingga anak-anak merasa dekat dengan gurunya.

 

      Akhirnya guru SD Assalaam berusaha mendekatkan dunia mereka dengan dunia peserta didik yang dominan akan teknologi, SD Assalaam pun memberikan pelayanan berupa penjelasan materi menggunakan video pembelajaran. Tidak hanya video pembelajaran para guru pun berusaha mengemas semua kegiatan di sekolah menggunakan video dan di unggah ke channel youtube SD Assalaam yang nantinya akan ditonton dan dipelajari peserta didik di rumah.

 

      Salutnya lagi, guru yang notabene mereka jarang bersentuhan dengan teknologi atau kamera, namun situasi sekarang ini dipaksa untuk bias membuat video pembelajaran sehingga mengharuskan berurusan dengan kamera dan editing. Sudah menyerupai youtuber bukan???

Bayangkan saja, guru itu harus belajar dari dasar untuk mampu membiasakan diri dengan kamera atau bahkan cayaha studio. Sebelumnya guru SD Assalaam sudah sangat bekerja keras untuk mampu menguasai media pembelajaran online (google classroom/videocomunication) dan kini harus mampu terbiasa bicara depan kamera yang kebanyakan orang sulit menguasainya.

 

      Disamping itu, kegigihan dan semangat pantang menyerah dari guru terutama guru senior membuat kami guru muda salut dan termotivasi untuk bisa menjadi seperti mereka. Tidak ada kata mengeluh walaupun harus berusaha membuat video pembelajaran, mereka ingin memberikan pelayanan terbaik bagi peserta didik mereka. Mereka ingin senantiasa membimbing peserta didik walaupun jarak jauh dengan semaksimal mungkin.

 

--}}