Stay informed on our news or events!

post

HARI PERTAMA BDR (BELAJAR DARI RUMAH)

Satu minggu sudah, tahun ajaran baru dimulai, situasi yang sangat berbeda dari sekolah pada umumnya. Covid 19 memang membawa perubahan drastis bagi semua sektor termasuk pendidikan.  Pembelajaran daring yang diterapkan pun menjadi permasalahan sendiri bagi tenaga pendidik yang kurang mengerti dalam mengoperasikan internet.

Kurang mengertinya sebagian besar  tenaga pendidik dalam bidang IT sehingga menjadi kendala dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak jauh. Tidak sedikit dari tenaga pendidik yang kesulitan mengoperasikan komputer untuk memfasilitasi siswa belajar daring. Begitupun dengan tenaga pendidik yang ada di lingkungan Sd Assalaam yang merasakan hal yang sama. Mereka kesulitan dalam mengoperasikan google classroom, sebenarnya bukan hanya itu kemampuan mereka dalam menggunakan laptop pun terbilang jarang. Meskipun begitu semangat guru untuk mempersiapkan PJJ terbilang sangat luar biasa. Salah satunya di SD Assalaam tenga pendidik mengikuti pelatihan yang dilakukan oleh pihak sekolah. Karena melihat permasalahan ini sekolah SD Assalaam mengambil langkah gesit untuk mempersiapkan guru dalam menghadapi pembelajaran daring.

Satu bulan sebelum pembelajaran baru di mulai guru di SD sudah dituntut untuk mengikuti workshop mengenai persiapan pembelajaran daring, “sebetulnya pelatihan google suite ini sudah kami lakukan tahun kemarin, bulan ini hanya menguatkan” ujar ketua markom SD Assalaam. Pada pelatihan ini guru lebih dituntut bias mengperasikan google classroom dengan menggunakan email lembaga. Sangat terlihat antusias para guru mengikuti pelatihan tersebut dikarenakan mereka sangat ingin memberikan pelayanan yang maksimal bagi siswa mereka.

Menghadapi tantangan PJJ yang berbasiskan tekhnologi SD memberikan 2 model pelayanan berupa luring & daring kepada siswa, pembelajaran daring akan dilakukan menggunakan google classroom dan pembelajaran laring dilakukan dengan cara guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan guru akan dating ke rumah siswa sesuai persetuajuan antar kelompok. Luring ini pun dilakukan dengan persetujuan orang tua dan sekolah serta denga adanya ijin dari pemerintahan setempat.

Namun dengan adanya Perwal No 37 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kebiasaan Baru dalam rangka pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (covid 19), akhirny SD Assalaam meniadakan pelayanan luring dikarenakan SD Assalaam sebisa mungkin patuh akan pemerintah dan SD Assalaam juga berpartisipasi dalam pencegahan covid 19.

Akhirnya SD Assalaam membatalkan bentuk model Pembelajaran luring dikarenakan adanya peraturan tersebut. Namun PJJ daring tetap dilakukan dengan maksimal mmenggunakan classroom karena guru sudah mempersiapkan materi dan srategi pembelajaranya. -ST-

--}}