Stay informed on our news or events!

post

Kegiatan belajar sehari-hari  biasa dilakukan di dalam kelas,  serta diikuti oleh para siswa dan dibimbing oleh guru yang menyampaikan materi pelajaran. Kegiatan belajar mengajar di dalam kelas  biasanya didominasi oleh guru  dengan menggunakan metoda ceramah sehingga cenderung anak akan verbalisme dengan apa yang diajarkan.

 Pendidikan terus berkembang, untuk menunjang kemajuan di bidang pendidikan, secara perlahan dikenalkan pendidikan diluar kelas.pendidikan di luar kelas ini dimaksudkan untuk menghilangkan verbalisme.Jadi apa yang peserta didik dapatkan didalam kelas akan terekpresikan diluar kelas dan akan lebih mengenal karena bisa melihat, memegang ataupun mempraktekannya.

Pendidikan di luar kelas lebih dikenal dengan  sebutan outing class. Sekarang, sudah menjadi program di setiap sekolah khususnya SD Assalaam. Setiap tahun melaksanakannya disesuaikan dengan tingkatan kelas. Outing class sudah dimasukan ke dalam kurikulum sekolah dan menjadi program kerja SD Asalaam. Untuk semester satu diperuntukan level kelas 2,4 dan 6 sedangkan di semester 2 diperuntukan bagi kelas 1,3 dan 5.

Begitupun di semester I  pada hari Rabu 08 November 2017 kelas 2 mandiri melaksanakan outing class. Tempat yang dipilih disesuaikan dengan kebutuhan kelas 2, seperti adanya tempat cara menanam, macam-macam hewan yang dikelompokan menjadi hewan ternak, hewan peliharaan, hewan jinak, maupun  hewan buas, juga jenis-jenis tumbuhan. Selain itu, tempat juga dipilih yang bisa melaksanakan outbond. Karena dengan outbond dapat melatih atau membentuk karakter lebih, yang dikenal dengan carakter building seperti percaya diri, keberanian, ketekunan, sportifitas serta kerjasama antar teman.

Pukul 07.00  peserta didik sudah berkumpul untuk bersiap-siap. Setelah berdo’a, anak-anak menuju kendaraan yang akan membawa kami ke tempat tujuan. Kami menggunakan kendaraan elf untuk menuju paku haji. Tepat pukul 08.00 rombongan berangkat menuju paku Haji. Sampai di sana  pukul 09.30.Sampai di Paku Haji rombongan disambut oleh kakak-kakak yang akan mendampingi kami melakukan kegiatan.

Kegiatan dimulai dengan ice breaking diantaranya permainan bunga mekar, mencari teman dan naik beca. Setelah selesai ice breaking, di bagi kelompok sesuai dengan kelasnya masing-masing dan dibimbing oleh 2 orang pendamping. Setiap kelompok dibawa jalan-jalan untuk melihat hewan-hewan yang berada disekitar arena.

Setelah selesai berkeliling, peserta dibawa ke lapangan untuk melaksanakan outbond. Kegiatan outbond meliputi bermain bola air dan pancuran bola yang bertujuan untuk melatih kerjasama. Anak-anak terlihat semangat juga ceria sambil berteriak-teriak kegirangan. Selesai di arena bola, dilanjtkan kegiatan berjalan di jembatan keseimbangan, lorong waktu dan climbing atau panjat dinding. permainan berikutnya adalah permainan air, semua bersorak gembira karena akan berbasah-basahan. Kemudian menuju jembatan goyang,  mereka lebih ramai lagi karena harus berjalan di jembatan goyang, kalau tidak sampai ujung pasti akan jatuh ke kolam. Kegiatan berahir di kolam renang, sedang asik-asiknya bermain harus berhenti karena hujan lebat. Mereka semua membersihkan diri, mandi sholat dan makan siang. Kegiatan masih belum selesai, karena selesai makan mereka harus mengikuti satu kegiatan lagi  yaitu playing fox.

Dengan berahirnya playing fox, maka selesailah kegiatan outing class 2 di Paku Haji. Semua peserta berbaris untuk diabsen agar tidak ada yang tertinggal. Dengan perasaan senang dan gembira, rombongan menuju kendaraannya masing-masing untuk kembali ke sekolah. Tepat pukul 14.30 kami meninggalkan arena  Paku Haji.

logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo